Uji Coba Ditunda, Jembatan Sementara Padang-Bukit Tinggi Belum Selesai

Infodua.com – Padang Pariaman, Jembatan darurat substitusi jembatan yang ambruk di jalan lintas Padang-Bukittinggi belum pula usai dikerjaan. Hingga, eksperimen yang diskedulkan ini hari molor.

Jembatan darutat itu awal kalinya direncanakan dapat di operasi hari in. Tetapi sampai saat ini petugas masihlah kerja.

“Belum bisa siap sekarang. Jika kita kebut, paling (selesai) Minggu siang. Mungkin Minggu sore sudah usai, malam dapat diuji coba. Atau paling tidak, Senin pagi,” kata Kasi Workshop serta Peralatan Dinas PUPR Sumbar, Partner Hengki terhadap detikcom, Sabtu (15/12/2018).
Menurut Partner, pelaksanaan jembatan menantang beberapa hambatan, terpenting cuaca yang seringkali hujan lebat.

“Kendala, hujan deras. Sehingga proses pemasangan terganggu. Resiko tinggi kalau dilanjutkan,” jelas Partner.

Ia menyebutkan pemasangan jembatan terdiri dalam 13 panel. Semasing panel butuh 100 baut, hingga ada 1300 baut yang wajib dipasang.

“Semuanya harus dipastikan, agar tdk bermasalah. Ini Tdk seperti jembatan Bailey biasa yang lantainya dari kayu. Dari sisi waktu sebenarnya sudah 60 %. Jika salah-salah, tdk lurus atau tergesa-gesa justru dapat bikin fatal,” tukasnya kembali.
Dihubungi terpisah, Kapolres Padang Pariaman AKBP Rizky Nugroho pun pastikan jalan belum pula dapat dilewati. “Masih belum dapat dilewati. Belum selesai. Kita masih mengalihkan arus ke lokasi semula,” jelas Rizky.

Jembatan penghubung Jalan Lintas Padang-Bukittinggi ini ambruk karena ditabrak air bah pada Senin (10/12) saat lalu. Oleh karena itu, jalan terputus keseluruhan.

Beberapa pengendara yang ingin melintas dipindahkan menjurus Malalak Kabupaten Agam serta arah Solok, dengan waktu tempuh yang tambah lebih lama.

Pihak Kementerian PUPR sendiri idenya dapat bangun dua jembatan. Sesudah jembatan darurat dapat berjalan dengan baik, baru dapat dimatangkan proses pembanguna jembatan permanen.

Pembangunan jembatan permanen sendiri seperti dikatakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, tak kan lewat proses tender. Hingga, akhirnya dapat tambah cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *