Tol Pandaan – Malang Terdapat Situs Yang Menghadap Persemayam Para Dewa

Infodua.com – Malang – Susunan bangunan suci yang diketemukan di Situs Sekaran menghadap ke Gunung Semeru. Tempat itu dulunya diakui menjadi persemayaman beberapa dewa. Kemiringan susunan bangunan ke arah mengarah timur laut.

“Tempat situs kita kompas arahnya ke arah bagian timur atau Mahameru, sesaat di bagian belakang Gunung Kawi (barat daya),” papar Ketua team arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Wicaksono Dwi Nugroho didapati di tempat, Kamis (21/3/2019).

Penduduk Jawa jaman dahulu, kata Wicaksono, baik di waktu Budha atau Hindu begitu menghargai gunung-gunung menjadi tempat suci. Untuk lokasi Jawa Timur, Mahameru atau Gunung Semeru jadi kiblat yang begitu dihormati.

“Penduduk dahulu mengorientasikan Gunung Semeru atau Mahameru jadi titik kiblat yang disakralkan di lokasi Jawa Timur di waktu kemarin. Karena itu banyak situs termasuk juga Sekaran menghadap ke Mahameru,” papar Wicaksono.

Arkeolog memprediksi sesaat tatanan bata yang diketemukan menjadi susunan bangunan suci, karenanya ada paduraksa atau gapura dan batur ada dibagian belakang.

“Kami memprediksi sesaat ialah bangunan suci, apa masuk dalam kompleks permukinan atau satu puri atau kedaton mesti dikerjakan analisis lebih dalam untuk memberikan bukti,” jelas Wicaksono.

Selama ini, arkeolog cuma temukan satu fondasi bata paduraksa untuk bagian lain waktu dikerjakan ekskavasi (penggalian) belumlah temukan fondasi pada bagian yang lain.

Situs Sekaran ada di Km 37+700 tol Pandaan-Malang. Luasan penggalian sampai 25×25 mtr. membentang dari timur laut ke barat daya.

Di hari paling akhir penggalian arkeolog tengah mengukur batas-batas lokasi situs menjadi basic referensi yang akan dikasihkan pada PT Layanan Marga.

 

sumber:detiknews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *