Kali Gendong Penjaringan Dipenuhi Sampah

Infodua.com – Jakarta, Kali Gendong, Muara Baru, Penjaringan, Jakut, penuh sampah. Sampah rumah bertaburan penuhi bagian kali.

Pantauan detikcom, Jumat (30/11/2018), sampah jadi panorama di kali. Apabila berdiri di jembatan serta menghadap ke rumah susun Muara Baru, tumpukan sampah nampak disamping kanan yaitu ruang yang belum pula ditanggul.

Dan di ruang yang telah ditanggul disamping sisi kiri tak ada sampah nampak. Pada ruang yang belum pula ditanggul dengan jalan umum ikut masih tetap dibatasi dengan tanah.

Tanah itu nampak mengalami penurunan ke ruang kali hingga berlangsung penyempitan kali. Belumlah juga diatas kali ikut ada banyak bangunan yang bersifat rumah panggung.


Penduduk seputar, Ice menyampaikan project pembangunan tanggul di Kali Gendong berjalan kala Basuki Tjahaja Purmama (Ahok) menjabat menjadi gubernur DKI Jakarta. Tapi, sekarang pembangunan tanggul berhenti.

“Pokoknya sejak Ahok jadi Gubernur ya, setelah Ahok ada masalah itu kan gak dilanjutin lagi. Diganti lagi Anies nggak dilanjut, gak tahu saya gak ngerti apa berhenti atau bagaimana,” tukasnya.

Warga menurutnya kerapkali buang sampah asal-asalan. “Ya habis bagaimana kita, pada buang sampahnya di sini,” tukasnya.
Ketua RT 017/019, Tarso ikut membetulkan tumpukan sampah itu datang dari warga seputar. Pihaknya berulangkali memberi teguran tetapi tetap harus masih tetap ada yang buang sampah asal-asalan.


“Mengenai sampah memang dari sampah permukiman. Memang saya nyatakan bahwa kepedulian warga ini sudah terbiasa buang ke kali,” tukasnya.

“Saya pernah mempunyai program mengadakan tukang sampah gerobak di lingkungan kami tetapi karena tak ada biaya operasionalnya sehingga saya arahkan ke warga per minggu, ternyata hasilnya tak maksimal ia putus asa. Karena jawaban warga saya buangnya ke kali, jadi gak perlu bayar,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *