Indonesia Tentukan Nasib Malaysia di AFC U19

INFODUA.COM, Paju – Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Malaysia pada laga terakhir mereka di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Paju Public Stadium, Senin (6/11/2017). Setelah pertandingan itu Malaysia U-19 masih akan menghadapi Korea Selatan U-19 pada laga terakhir mereka.

Namun, nasib Malaysia untuk lolos atau tidak ke putaran final Piala Asia U-19 2018 akan benar-benar ditentukan dalam laga kontra Tim Garuda Nusantara. Saat ini Timnas Indonesia U-19, Korea Selatan, dan Malaysia sama-sama mengumpulkan enam poin.

Timnas Indonesia U-19 bakal melakoni laga pamungkas grup sedangkan Malaysia dan Korea Selatan sama-sama menyisakan dua pertandingan lagi.

Malaysia masih menghadapi Korea Selatan pada laga terakhir, Rabu (8/11/2017). Sementara bagi Korea Selatan, sebelum laga kontra Malaysia mereka masih akan menghadapi Timor Leste pada laga ketiga, Senin (6/11/2017).

Saling berkaitannya ketiga tim dalam sisa pertandingan di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 membuat persaingan menuju putaran final Piala Asia U-19, kecuali Timnas Indonesia U-19 yang sudah dipastikan lolos sebagai tuan rumah, akan sangat menegangkan. Hal itu juga terjadi bagi Malaysia.

Jika dianalisis, Korea Selatan U-19 sudah sulit untuk digeser oleh Timnas Indonesia U-19 yang kalah 0-4 pada Sabtu (4/11/2017). Hanya Malaysia yang memiliki peluang untuk bisa menggeser Korea Selatan. Dengan catatan tim asuhan Bojan Hodak itu harus meraih kemenangan dalam dua laga terakhir mereka, kontra Indonesia dan Korea Selatan.

Jika melihat semua pertandingan yang sudah dijalani, di mana Korea Selatan mampu menang telak 11-0 atas Brunei Darussalam dan 4-0 atas Indonesia, maka laga kontra Timor Leste pun di atas kertas akan menjadi milik mereka. Seandainya Korea Selatan bisa memenangi pertandingan kontra Timor Leste, maka baik Timnas Indonesia U-19 maupun Malaysia yang meraih kemenangan pada Senin (6/11/2017) akan sulit untuk menggeser Korea Selatan dari puncak klasemen.

Timnas Indonesia U-19 sudah kalah secara head to head dari Korea Selatan seandainya dalam pertandingan pada Senin kedua tim bisa meraih kemenangan. Korea Selatan tetap berada di puncak, sedangkan Malaysia membutuhkan kemenangan dengan selisih lebih dari 14 gol atas Timnas Indonesia U-19 untuk bisa menggeser Korea Selatan dari posisi puncak klasemen. Jika hal itu mustahil, maka Malaysia hanya perlu memenangi pertandingan kontra Indonesia dan Korea Selatan untuk bisa lolos sebagai juara Grup F.

Dengan kondisi tersebut, sudah dipastikan pertandingan kontra Timnas Indonesia U-19 benar-benar akan menentukan nasib Malaysia walau belum menghadapi Korea Selatan. Kemenangan menjadi keharusan bagi Malaysia jika tak ingin peluang mereka untuk lolos tertutup.

Timnas Indonesia U-19 tentu sudah tidak merasakan kecemasan seperti yang dirasakan Malaysia lantaran keikutsertaan tim asuhan Indra Sjafri itu di kualifikasi ini hanya sebagai bagian dari persiapan untuk putaran final. Namun, bisa dipastikan dalam laga kontra Malaysia, Egy Maulana Vikri dkk. pun tak akan mau menyerah dari tetangga serumpun.

Satu hal yang perlu diingat, jika Timnas Indonesia U-19 yang sebenarnya sudah pasti lolos ke putaran final akhirnya berada di dua posisi teratas pada akhir turnamen kualifikasi, maka hanya tinggal satu tim lagi yang lolos dari Grup F, apakah itu sebagai juara grup, atau menunggu perhitungan nilai runner-up terbaik dari semua grup. Artinya, jika Malaysia ingin menjaga kans lolos, walau hanya sebagai runner-up, laga kontra Timnas Indonesia U-19 adalah satu pertandingan yang wajib dimenangi oleh tim asuhan Bojan Hodak.

 

Sumber : Bola.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *